keunggulan mesin DOHC
ke unggulan mesin DOHC DI BANDING SOHC.
SUZUKI SATRIA FU
memakai teknologi canggih pada sistem penggerak katup/klepnya yang
bernama DOHC (double overhead camshaft) tampa temlar (rocker arm).
Teknologi DOHC jika diartikan secara sederhana adalah 2 noken-as (cam)
yang posisinya ada di kepala silinder, sehingga antara penggerak klep
(noken-as) masuk dan keluar di buat terpisah. Sehingga pada SUZUKI
SATRIA FUsusunan klepnya berbentuk V tampa bantuan rocker arm. Dan
bentuk ruang bakarnya akan lebih sempurna. Apa saja keunggulan 4 klep
teknologi DOHC SUZUKI SATRIA FU jika dibandingkan dengan motor 2 klep
konvensional : 1. Berkurannya kehilangan tenaga yang disebabkan gesekan
antar komponen pada kelengkapan rocker arm. Perangkat rocker arm
mengakibatkan kerugian tenaga akibat gesekan yang cukup besar. Sehingga
pada mesin motor modern yang memakai noken-as tunggal dan cuma memakai 2
klep, perangkat rocke-arm (temlar) ditambahi roller untuk mengurangi
kerugian tenaga akibat gesekan. Lain halnya pada SUZUKI SATRIA FU 150
yang tidak memakai perangkat rocker-arm, Poros bubungan (noken-as)
langsung menumbuk klep tampa perantara temlar. 2. Karena proses kerja
mesin yang biasanya melewati proses kerja temlar,
dipangkas langsung
dari noken-as ke klep. Mengakibatkan tenaga yang dihasilkan lebih
cepat, sehingga akselerasi motor lebih cepat dibandingkan motor yang
menggunakan teknologi SOHC (single overhead camshaft) 2 klep. 3. Dengan
kapasitas mesin sama, teknologi DOHC 4 klep, klep yang digunakan lebih
ringan dari motor SOHC 2 klep. Sehingga per klep dapat dibuat lebih
lembut dan lebih ringan, agar tenaga yang dihasilkan lebih besar dan
akselerasi lebih ringan. 4. Aliran udara pada motor yang mamakai klep 4
klep di tiap silinder 20% lebih baik dibandingkan motor yang memakai 2
klep. Jika aliran udara yang masuk dan keluar dari ruang bakar lebih
baik, secara otomatis tenaga motor juga akan meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar